catering pernikahan

Sedap Sedep Catering
  1. Home
  2. »
  3. Tips Kuliner
  4. »
  5. Apa itu Nasi Liwet? Cara Penyajian dan Perkembangan

Apa itu Nasi Liwet? Cara Penyajian dan Perkembangan

Apa itu Nasi Liwet - Sedap Sedep Catering

Salah satu makanan Indonesia yang sangat disukai adalah nasi liwet. Di Solo atau Surakarta, nasi liwet biasanya populer. Namun, ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki menu nasi liwet unik. Misalnya, nasi liwet sunda yang berasal dari Jawa Barat. Apa sebenarnya nasi liwet? Berikut ini adalah uraian dari jawabannya.

Apa itu Nasi Liwet?

Di Pulau Jawa, nasi liwet adalah hidangan khas Indonesia. Ada dua versi: nasi liwet khas Solo dan nasi liwet Sunda. Sebelum membuat nasi liwet, penting untuk mengetahui sejarahnya karena cara penyajiannya berbeda.

Nasi liwet adalah makanan khas Indonesia yang merupakan olahan nasi yang disajikan bersama berbagai lauk seperti daging ayam, sayur, telur.

Desa Menuran di Sukoharjo, Jawa Tengah, adalah rumah bagi nasi liwet Solo. Menurut sejarahnya, nasi liwet Solo sudah ada sejak 1934. Namun, masyarakat perkebunan adalah sumber nasi liwet Sunda. Di ladang, mereka biasanya menyiapkan nasi untuk makan. Nasi liwet Sunda dibuat dengan kata “diliwet”, jadi orang Sunda sering menyebutnya “ngaliwet”.

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada perbedaan sejarah dan cara penyajian nasi liwet Solo dan Sunda. Apa itu?

Penyajian Nasi Liwet Solo

Nasi liwet Solo biasanya dimasak dengan santan, kaldu ayam, dan rempah-rempah Solo. Selain itu, nasi liwet Solo juga dibuat dengan daun salam dan serai, yang memberikan rasa gurih, kaya, dan aromatik.

Sesekali, lauknya berbeda. Nasi liwet Solo biasanya disajikan dengan suwiran ayam, telur, dan santan kental.

Penyajian Nasi Liwet Sunda

Nasi liwet Sunda biasanya dimasak dengan bumbu seperti bawang, daun salam, sereh, dan garam, yang membuatnya lebih gurih. Lauknya biasanya ikan mas goreng atau bakar. Jangan lupa ikan asin, lalapan, dan sambal terasi.

Perkembangan Nasi Liwet

Jika Anda ingin mencoba nasi liwet asli, Anda dapat pergi ke daerah Kerten, Keprabon, dan Solo Baru. Ada banyak penjual nasi liwet di Solo. Penjual nasi liwet biasanya tidak menggunakan piring sebagai alas saji. Jika Anda tidak menggunakan pincuk daun pisang.

Mereka mengatakan nasi liwet menjadi lebih mantap dan nikmat karena daun pisang membuat aroma yang sedap ketika dicampur dengan nasi hangat. Nasi liwet juga sering dijual secara bebas dan disajikan secara tradisi. Pertimbangkan peristiwa seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW atau sekaten.

Dalam upacara adat Wilujeng Jawa, nasi liwet juga sering disajikan, seperti pada malam midodareni, yang merupakan syukuran sebelum upacara pernikahan. Restoran kontemporer menyediakan nasi liwet sunda. Saat ini, nasi liwet sunda masih disajikan dengan ketel. Walaupun kemudian juga dimasukkan. Mereka biasanya memiliki teri, ikan asin, dan lauk lainnya dalam nasinya.

Sedap Sedep Catering Menawarkan Cita Rasa Premium dan Berkelas

Paket Catering Pernikahan Sedap Sedep menawarkan cita rasa premium, berkelas, dan berkualitas tinggi. Di wilayah Sidoarjo, Surabaya, Malang, Gresik, Pasuruan, dan sekitarnya, chef bintang lima profesional dan berpengalaman siap memanjakan lidah seluruh tamu undangan anda. Restoran Sedap Sedep adalah restoran keluarga yang memiliki banyak pengunjung.

Sedap sedep catering sebagai salah satu jasa catering di surabaya berkomitmen untuk memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi para customer. Bagi anda yang sedang mencari jasa catering pernikahan terbaik khusus daerah Surabaya dan sekitarnya, anda bisa menghbungi CS kami di Sedap Sedep Catering, dengan klik tombol WA dibawah ini  :

Sedap Sedep Catering

Sedap Sedep Catering

Typically replies within a day

Hey, Do you want to talk with us?

Artikel Lainnya

Sedap Sedep Catering

Sedap Sedep Catering

Menyediakan Jasa Catering di Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Sekitarnya

Hubungi Kami

Senin – Minggu (07:00 – 19:00)
CS : +62 813-3212-9600

Post Views: 257
WhatsApp us